Tentang Ibukota Jakarta


Jakarta, Apa yang kalian ketahui tentang Jakarta?

Menurut saya Jakarta itu sudah pasti rawan macet, rawan banjir, cuaca sangat panas, berpolusi, serta biaya hidup mahal, banyak bangunan pencakar langit yang dapat memperkecil ruang hijau itu sudah jelas. Itu disebabkan oleh faktor utama, yakni manusia itu sendiri yang lupa akan kesadaran menjaga lingkungan dan merawat serta menstabilkan apa yang sudah diciptakan. Manusia tidak mau melihat ke depan, manusia hanya bisa merasakan apa yang bisa dinikmati saat itu juga.
Contohnya dengan banyaknya bangunan Mall di Jakarta memang dapat meningkatkan penghasilan APBD kota dan memperbanyak tempat rekreasi masyarakat, tapi disisi lain pembangunan tersebut dapat membuat jakarta "pengap" karena ruang hijau semakin lama dapat menipis. Bahkan tatakota Jakarta pun sekiranya kurang baik dipandang, masih banyak orang yang tidak tertib dalam berlalu lintas dikarenakan penatakotaan yang kurang efesien bagi pengendara maupun penjalan kaki.
Faktor banjir pun penyebab utamanya adalah manusia, manusia yang tinggal di Jakarta tanpa sadar sering membuang sampah ke sungai dan semakin lama makin banyak dan akhirnya waduk terhalang oleh sampah dan volume air meningkat dan akhirnya pun banjir. Tidak hanya itu perusahaan besar pun menambah buruk keadaan dengan membuang limbah beracun ke dalam air sungai yang menyebabkan matinya biota air dan sulitnya mendapatkan air bersih dibeberapa lokasi di Jakarta. Apa yang harus kita lalukan untuk Jakarta kelak?
Sekian terima kasih, Rizal Nur Nasrulloh.