Ada 4 macam factor perilaku konsumen yaitu :
a. Faktor Pribadi
b. Faktor Psikologi
c. Faktor Budaya
d. Faktor Sosial
Pada hasil presentasi kelompok 6 kemarin hal yang dapat disimpulkan adalah dalam perilaku konsumen kenapa faktor budaya lebih luas cakupannya dari pada faktor yang lainnya?
Jawab : Karena faktor budaya yang berpengaruh
secara kuat pada perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk atau jasa.
Orang Indonesia itu sendiri bersifat latah atau konsumtif terhadap hal-hal yang
mereka beli padahal belum tentu barang-barang tersebut berguna sekali. Pada hal
inilah yang harusnya dikontrol untuk menyeimbangkan pendapatan.
Kemudian pada tingkat kebutuhan konsumen bias
diukur dengan satuan ukur misalnya panjang, uang dsb,karena putusan untuk
menggunakan suatu barang atau jasa harus dilakukan perbandingan antara manfaat
yang didapat dengan biaya yang diminimalkan, misalnya seseorang yang ingin
membeli handphone jika pembeli benar-benar ingin mendapatkan barang yang
memuaskan atau sesuai dengan keinginan maka ia akan mencari tahu tentang
keunggulan dan kekurangandari handphone itu sendiri dan yang terpenting harus
menyesuaikan dengan biaya yang disediakan.