Candi Cangkuang, Garut, Jawa Barat

Kalian sudah pernah berkunjung ke Garut? Tahukah kalian bahwa di Garut mempunyai candi? Memang pada dasarnya candi-candi kebanyakan ditemukan di Jawa Tengah tapi perlu kalian ketahui kalau Garut mempunyai Candi yang bernama Candi Cangkuang di daerah Kecamatan Leles Garut dan dijadikan juga sebagai objek wisata disana.

Candi Cangkuang

Untuk Berwisata ke Candi Cangkuang dari Bogor misalkan, perjalanan kira-kira sekitar 3 jam untuk menuju ke Kecamatan Leles garut, lalu untuk menuju candi cangkuang ada dua pilihan, antara naik delman 5 ribu atau naik motor (ojeg) 8 ribu, lalu kalian akan disuguhkan oleh pemandangan danau dan kalian harus menyeberangi danau itu dengan sebuah rakit atau biasanya disana disebut getek dengan tarif perorangnya 5 ribu untuk sampai ke Dramaga Candi Cangkuang.

Di Candi Cangkuang ini memiliki satu Candi Cangkuang didalamnya terdapat patung sedang duduk, dan biasanya ada uang di dalamnya, tapi jangan diambil takutnya kena sial haha. Lalu ada kuburan disamping Candi Cangkuang, dan ada museum kecil untuk melihat peningglan-peninggalan lainnya. Sambil beristirahat, kalian juga dapat membeli barang-barang unik disana dengan harga yang relatif murah. (Rizal Nur Nasrulloh)