Resensi - DJ Headphones AIAIAI TMA-1

DJ Headphones AIAIAI TMA-1
  
AIAIAI adalah sebuah audio design company bertempat di Copenhagen, Denmark yang telah memproduksi perangkat audio keras dengan kualitas tinggi dan design yang minimalis. Tipe headphone ini berjenis on-ear yaitu TMA-1 Studio Headphone dan TMA-1 DJ Headphone.

Headphone ini adalah hasil kolaborasi dari 25 profesional dan DJ top seperti James Murphy (LCD Soundsystem), A-Trak, Seth Troxler, Erol Alkan, MSTRKRFT, Bookashade, Boyz Noize, Tiga, dan masih banyak lagi.

Nama TMA-1 diambil dari sebuah nama yakni Tycho Magnetic Anomaly-1. Nama yang bagus kan? Mari kita lihat lebih lanjut!


DJ Headphones AIAIAI TMA-1

Headphone ini berwarna matte black yang diapit oleh foam yang mirip dengan soundproof studio. terdapat headphone bag dari kain, 1 buah coil cable + converter, sepasang earpad tambahan dan buku manual. Kabel yang menyertai kabel ini berjenis coil cable sepanjang 1.5 meter, cukup baik untuk bermanuver di panggung. Jack kabelnya bersudut 90 derajat dilengkapi dengan converter lapis emas. AIAIAI juga menyediakan paket handsfree tambahan yang kompatibel dengan tombol Iphone dan dapat dibeli secara bundle atau terpisah dan headphone ini bergaransi hingga 1 tahun.


DESIGN :
Berasal dari negara Skandinavia yang terkenal dengan design yang minimalis dan fungsional, AIAIAI mendesign berdasarkan filosofi KISS (Keep It Simple Stupid!). Bagi penggemar minimalis pasti suka dengan headphone yang satu ini serta dibuat dengan menggunakan materi plastik kokoh yang dilapisi dengan karet antislip agar nyaman saat dipakai. Sepasang Earcup-nya dimotori dengan speaker 40mm Titanium High Performance Driver yang dapat mengeluarkan suara yang maksimal serta dilengkapi dengan Cable Lock agar kabel tidak copot saat dipakai. Dan AIAIAI memberikan 2 pasang Earpad sebagai cadangan materi sintetis dan dapat diganti sesuai dengan selera kita.


PENGGUNAAN DAN DAYA TAHAN :

Headphone ini memakai bahan plastik di seluruh bodinya serta relatif ringan dengan bobot hanya 190 gram. Dengan bobot yang ringan, mengenakan headphone ini di kepala serasa tidak sedang memakainya. Cocok pula untuk outdoor selain di aktivitas DJ namun headphone ini tidak bisa ditekuk jadi terlihat besar jika dibawa-bawa kemanapun.


KUALITAS SUARA :

Headphone minimalis ini memiliki suara yang sepadan dengan headphone kelas atas. Spektrum suaranya cukup seimbang dan jernih. High dan mid pun bagus dan bassnya bulat pula suaranya. Bahkan jika kita naikan gain hingga 150%, headphone ini masih bisa mengeluarkan suara bulat tanpa distorsi.


 KELEBIHAN :

1. Memiliki design yang minimalis.
2. Memiliki 2 pasang earpad yang mudah diganti sesuai selera.
3. Memiliki material plastik antislip dengan kualitas baik.
4. Memiliki kabel dilengkapi dengan Cable Lock.
5. Memiliki Kualitas suara yang baik.

KEKURANGAN :

1. Ukuran Earcup yang relatif kecil.
2. Hanya memiliki 1 jack kabel speaker.

DJ Headphones AIAIAI TMA-1 dibandrol dengan harga $200 USD (tanpa Mic) dan $220 USD (dengan Mic).




Sumber : Official Website http://www.aiaiai.dk